Blogger di Jepang Capai 8,68 Juta

Tokyo, 4 Juli 2006 10:42
Jumlah orang yang menggunakan situs blog (blogger) di internet mencapai 8,68 juta di Jepang pada akhir Maret, dengan informasi dari mulut ke mulut mereka menjadi makin berpengaruh dalam menetapkan tren konsumen, kata pemerintah, Selasa (4/7).

Buku putih tentang telekomunikasi 2006 dipersembahkan kepada Kabinet oleh Menteri Komunikasi dan Dalam Negeri Heizo Takenaka.

Blog, kependekan dari weblog, merupakan situs jaringan online (website) pribadi yang selalu di-update dengan link, komentar dan apa pun yang disukai pengguna. Ia dapat dibuat dengan mudah dan sering dikelola oleh individu.

Laporan itu mencatat bahwa blog, yang membolehkan konsumen menerbitkan informasi secara aktif, dan layanan jaringan sosial, komunitas jaringan yang berbasis keanggotaan untuk membentuk jaringan sosial, menjadi makin populer.

Hingga akhir Mei, jumlah orang yang mengoperasikan blog meningkat 2,6 kali lipat dari 3,35 juta setahun sebelumnya, dan pengguna SNS melonjak 6,5 kali lipat menjadi 7,16 juta.

Laporan itu mengatakan konsumen secara khusus menggunakan internet untuk memperoleh informasi mengenai produk, seraya menambahkan bahwa 60 persen atau lebih orang belajar tentang produk dari blog dan sumber internet lain sebelum membeli mereka, selain menggunakan situs belanja internet. [EL, Ant]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: