Doktor Kehormatan Unhas untuk Habibie

MAKASSAR, KOMPAS–Memperingati hari kelahirannya yang ke-50 tahun, Universitas Hasanuddin menganugerahkan gelar doktor kehormatan di bidang teknologi dan peradaban kepada mantan Presiden BJ Habibie di Kampus Universitas Hasanuddin, Makassar, Sabtu (9/9).

Dalam orasi ilmiahnya, Habibie membacakan makalah berjudul “Beberapa Catatan mengenai Ilmu Pengetahuan Teknologi, Budaya, dan Peradaban”. Hadir dalam penganugerahan gelar ini Wakil Presiden Jusuf Kalla yang akan diberi gelar doktor kehormatan tetapi menolaknya.

Habibie dinilai layak menerima gelar doktor kehormatan karena dinilai memiliki jasa luar biasa, cemerlang secara intelektual, berbudi luhur, dan berintegritas secara kepribadian.

Sebelumnya, sejak diresmikan pendiriannya oleh Wakil Presiden Muhammad Hatta, 10 September 1946, gelar doktor kehormatan Unhas dianugerahkan kepada empat tokoh yang dinilai berjasa di bidangnya dan pantas dicontoh. Mereka adalah Presiden Soekarno (politik), Wakil Presiden Muhammad Hatta (ekonomi), Chairul Saleh (pembangunan), dan Nelson Mandela (perdamaian).

Menurut Tim Promotor Unhas, pemberian gelar doktor kehormatan dilakukan sebagai upaya mencari tokoh panutan baru.

Sementara mengenai penolakan gelar doktor kehormatan untuknya, Kalla mengemukakan sambil bercanda lebih nyaman dengan gelarnya sebagai dokterandus atau disingkat drs. “Kalau sudah doktor, saya tidak pantas lagi kalau salah-salah bicara. Gelar drs  membuat saya dikira punya banyak gelar doktor saat di laur negeri,” ujar Kalla disambut tawa. (INU)

Sumber : Kompas (Dikbud), Sabtu, 09 September 2006 – 13:17 wib

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: