Anton Kurnia Terbitkan Ensiklopedia Sastra Dunia

JAKARTA, SENIN--Penulis cerita pendek (cerpen), Anton Kurnia, menerbitkan ensiklopedia Sastra Dunia, yang disebut sebagai pengantar sederhana untuk mengenali sastra dunia.“Buku ini memuat profil 315 sastrawan terkemuka di berbagai penjuru dunia dari berbagai zaman sejak pujangga Yunani zaman Homer, sastrawan kontroversial Boris Pasternak, pengarang feminis Simone de Beauvoir, novelis poskolonial Pramoedya Ananta Toer, hingga pemenang Hadiah Nobel Sastra 2006, Orhan Pamuk,” kata Anton, di Jakarta Senin.

Buku berjudul Ensiklopedia Sastra Dunia itu dilengkapi dengan informasi tentang karya-karya pujangga dunia yang telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, diterbitkan oleh penerbit Iboekoe (Indonesia Buku), Jakarta.

Cetakan pertamanya terbit pada Oktober 2006, disusun untuk membantu peminat sastra dalam membaca dan menyingkap khazanah sastra dunia, serta ditujukan bagi pembaca yang mencari tahu riwayat hidup, proses kreatif, dan intisari karya sejumlah sastrawan penting yang menulis karya mereka dalam beragam genre cerpen, novel, puisi, esai, lakon, kata Anton, cerpenis yang bermukim di Bandung itu.

Menurut Anton, buku itu dapat digunakan oleh beragam kalangan secara luas yaitu pencinta buku, peminat sastra, penulis, calon penulis, penerjemah, editor buku, praktisi perbukuan, penerbit, wartawan, kaum akademisi, pelajar, pengajar, kritisi sastra bahkan pembaca awam.

Ensiklopedia tersebut juga memuat berbagai data tentang karya-karya terbaik sepanjang masa dan sejumlah hadiah sastra terkemuka, diantaranya Hadiah Nobel Sastra, Booker Prize, Pulitzer Prize, Prix Goncourt, Premio Strega, Premio Cervantes, Hadiah Sastra Akutagawa serta daftar para pemenangnya.

Tebal buku adalah 314 halaman, dipasarkan dengan harga : Rp 55.000.

Anton Kurnia bersama Atta Verin pada bulan Oktober 2006 juga meluncurkan terjemahan karya penulis Inggris kelahiran Pakistan, Qaisra Shahraz, berjudul Perempuan Suci (The Holly Woman) yang diterbitkan oleh penerbit Mizan. (*)

Sumber: Antara
Penulis: jodhi

One response to this post.

  1. saya rasa cukup. tetapi lebih diperbanyak lagi

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: