Spiderman Bisa Jadi Kenyataan

Nograhany Widhi K – detikcom

Jakarta – Bagi Anda para maniak Spiderman, pernahkah terbayang, jika kemampuan si manusia laba-laba itu melintasi gedung pencakar langit dan menempel di dinding bisa dimiliki semua orang?

Kini imajinasi tersebut akan segera terwujud. Seorang peneliti asal Italia sedang mengerjakan sebuah proyek khusus untuk membuat tokoh ciptaan Marvel Comics itu bisa jadi kenyataan.

Dilansir AFP Jumat (27/6/2004), Nicola Pugno (35) seorang peneliti di Universitas Turin, Italia, sedang menciptakan sebuah baju ajaib yang memiliki kemampuan seperti Spiderman.

Pugno selama 10 tahun terakhir telah meneliti berbagai bentuk dari adhesi. Adhesi merupakan gaya tarik-menarik antar molekul yang terjadi antara benda-benda yang bersentuhan. Penelitian Pugno tersebut mengarah pada penciptaan baju yang dipakai oleh Spiderman dalam dunia nyata.

“Ini bidang aplikasi sains yang menarik, seperti di luar angkasa. Seorang astronot bisa memakai baju dengan sistem adhesi vakum,” ujar Pugno.

Namun, impian para maniak Spiderman tersebut dalam perkiraan Pugno baru bisa terwujud dalam 10 tahun mendatang. Sebab penelitian yang dilakukannya masih membutuhkan riset lanjutan yang lebih mendalam.

Saat ini, Pugno menggunakan cicak sebagai obyek penelitiannya. Dia tertarik dengan kemampuan kaki cicak yang bisa menempel di dinding. Hasil penelitian sementara menunjukkan pada kaki cicak dipenuhi bulu-bulu halus yang disebut setae yang menyebabkan adhesi pada berbagai macam permukaan.

Pugno sedang mencari cara untuk meniru cara kerja setae tersebut, walaupun sejumlah problem harus dilalui. Dalam impiannya, baju ajaib yang akan diciptakannya akan dilengkapi dengan benang-benang yang lengket seperti pada kaki Cicak.

“Salah satu masalahnya adalah mengontrol adhesi dengan permukaan dinding itu tak mudah.Yang harus dilakukan adalah menempelkan itu dengan lem super, tapi bagaimana melepaskan dan menempelkan kembali,” jelasnya.

Mekanisme pembersihan diri juga diperlukan untuk dikembangkan dalam sistem ini. “Cicak yang melangkahkan kakinya di pasir harus membersihkan kakinya setelah beberapa langkah,” pungkasnya. (nwk/bal)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: