Just for Us : Main Video Game Aktifkan Otak

[ Jum’at, 05 Februari 2010 ]

VIDEO game merupakan mainan anak muda. Kalau sudah tua, membaca saja. Itulah paradigma yang biasanya dianut oleh para lansia. Namun, pemikiran itu sebaiknya diubah.

Sebab, hasil penelitian dari North Carolina State University menunjukkan, bermain video game membuat lansia lebih responsif dan punya ingatan lebih tajam. ”Bermain video game meningkatkan refleks, kemampuan berpikir, ingatan, konsentrasi, dan kemampuan spasial lansia,” jelas Jason Allaire, profesor psikologi dari North Carolina State University.

Hasil penelitian itu ditujukan kepada lansia yang bermain video game dengan mesin Nintendo Wii. Pengontrol pada mesin tersebut memungkinkan penggunanya untuk menggerakkan lengan dan kaki selama bermain game. Sehingga, pengguna berpeluang melakukan latihan fisik ketika bermain video game.

Penelitian tersebut diperkuat oleh sebuah hasil riset pada 2008. Disebutkan, 40 lansia berumur 60-70 tahun untuk memainkan game komputer strategi real-time Rise of Nations. Para responden adalah orang-orang yang sama sekali tidak bermain video game dalam kurun waktu dua tahun. Setengah dari kelompok itu diminta memainkan Rise of Nations selama delapan minggu. Total waktu bermain 24 jam.

Para peneliti dari University of Illinois mengukur kemampuan kognitif responden. Hasilnya, ingatan, logika, dan kemampuan kognisi lansia yang memainkan game strategi meningkat. Kemampuan itu diistilahkan dengan executive control process. Hal tersebut meliputi kemampuan perencanaan dan penjadwalan. Selain itu, mengatasi ambiguitas dan melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

Kendati demikian, para peneliti itu tidak merekomendasikan video game sebagai satu-satunya cara melatih kemampuan otak. ”Kami lebih menyarankan berkeliling naik sepeda atau mempelajari bahasa baru,” ujarnya. (rum/hdn/nda)

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: