Batik Gentong Madura Unik

Rabu, 07 Oktober 2009 21:05:26 WIB

Reporter: Indri Ayu Putri

Surabaya (beritajatim.com)Batik gentong yang dipamerkan di Singgasana Hotel, terlihat mencolok di sudut lobby. Batik gentong adalah batik Madura yang hanya berbeda dalam sisi pewarnaannya, karena harus direndam dulu di dalam gentong. Untuk satu gentong digunakan untuk mewarnai satu kain batik sepanjang 2×110 meter.

Membutuhkan waktu tiga bulan untuk merendam kain di dalam gentong. Sedangkan untuk proses pembuatan batiknya sendiri dibutuhkan waktu enam bulan. “Rata-rata proses jadi sebuah kain batik adalah 8 hingga 10 bulan,” kata Iskandar, pengrajin batik Gentong asal Bangkalan.

Menurut Iskandar, proses pewarnaannya harus satu-satu. Bila sedang mewarnai warna merah, maka bagian yang tidak ikut diberi warna merah harus ditutup. Setelah warna merah selesai, air dalam gentong dibuang dan diberi warna lain. “Kurang lebih untuk satu warna dibutuhkan waktu 15 hari.”

Batik Madura memiliki motif dan corak yang khas, terlebih warna merah pada kain batiknya. “Merahnya itu lain dengan batik daerah lain,” kata Iskandar, pengrajin batik Madura dengan logatnya yang kental.

Ia menambahkan, makna merah pada batik Madura mencerminkan kebiasaan masyarakat Madura yang keras. Dan motif bunga dan burung pada kain batik pasti memiliki unsur warna merah.

Batik Madura ini dijual mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 3 juta. “Tergantung dari detil nggaknya membuat batik,” jelas Iskandar. [ind/ted]

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: