Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun, Syaikh Tantawi Telah Berpulang

Rabu, 10/03/2010 16:20 WIB

Pemimpin agama Mesir Syaikh Muhammad Sayyid Tantawi, yang juga merupakan Syaikhul Kabir al-Azhar, dilaporkan telah meninggal karena serangan jantung dalam kunjungannya ke Arab Saudi, seprti dilaporkan kantor berita resmi Mesir MENA pada hari Rabu ini (10/3).

Syaikh Tantawi (81 tahun) berada di Riyadh untuk menghadiri upacara penghargaan “King Faisal Prizes”. Syaikh Tantawi dikenal sebagai seorang ulama yang amat sangat moderat, bahkan terkadang kebablasan, dan ia juga sering mengecam kelompok-kelompok Islam yang dianggap Islam garis keras.

Baru-baru ini, Syaikh Tantawi telah membangkitkan amarah kelompok-kelompok Islam ‘konservatif’ pada akhir tahun lalu, setelah ia melarang perempuan dari mengenakan cadar di kampus Al-Azhar dan sekolah-sekolah yang berhubungan dengan Universitas Al-Azhar. Dirinya juga termasuk ulama yang mendukung fatwa Majma Buhuts Al-Islami Al-Azhar yang meng”halal”kan pendirian tembok baja Mesir.

Langkahnya itu dianggap sebagai bagian dari mengintensifkan perjuangan antara Islam moderat yang diperjuangkan oleh negara dan rakyat Mesir yang berpaling dari pemahaman Islam yang ‘ketat’.

Syaikh Tantawi menjadi Imam besar al-Azhar sejak tahun 1996. Al-Azhar adalah salah satu lembaga yang paling terkemuka di dunia Islam Sunni memiliki banyak sekolah, universitas terkenal dan lembaga pendidikan lainnya di seluruh Mesir.

Selamat jalan Ya Syaikh. Semoga amal ibadah mu diterima disisi Allah. Amin (fq/aby)

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: