ITS-Universitas Asal Jepang Kembangkan Satelit “Winds”

09/03/2010 22:28

Ahmad SalmanLiputan6.com, Surabaya: Koneksi internet akan semakin cepat dengan adanya satelit generasi baru bernama WINDS (Wideband InterNetworking engineering test and Demonstration Satellite). WINDS ini dikembangkan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama tiga universitas asal Jepang.

“WINDS yang dalam bahasa Jepang disebut dengan KIZUNA itu kami kembangkan bersama JAXA (lembaga antariksa Jepang) dan National Institute of Information and Communications Technology (NICT),” kata Kepala Laboratorium Telematika Jurusan Teknik Elektro ITS Mochamad Hariadi di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (9/3). WINDS menggunakan teknologi mutakhir saat ini yang menggunakan Ka-Band (sistem yang bekerja pada frekuensi tinggi) yang memiliki panjang gelombang yang pendek.

Hariadi menjelaskan, WINDS mampu menyediakan koneksi internet berkecepatan tinggi yang mencapai maksimum 155 Mbps untuk penerimaan. Sementara kecepatan untuk pengiriman 6 Mbps dengan ukuran antena penerima 45 sentimeter. Kecepatannya, tambah Hariadi, jauh melebihi kecepatan saat ini.

Antena ukuran 5 meter misalnya, kecepatan yang bisa dicapai 1.2 Gbps. Selain berkecepatan tinggi, daya jangka satelit juga merambah daerah yang tak terjangkau jaringan kabel (teresteria). “Bila kita bandingkan dengan kecepatan internet yang ada untuk konsumsi pribadi di Indonesia saat ini hanya berkisar 384 Kbps dan 2 Mbps saja. Maka nantinya kita bisa berselancar di internet dengan nyaman,” jelas Hariadi.

Satelit ini juga memungkinkan pemutaran film layaknya di gedung biosko. Atau untuk pengembangan riset simulasi yang membutuhkan komputasi tinggi. Misalnya di bidang medik, mesin, kimia, pendidikan, kesehatan, penanganan daerah bencana, dan Intelligent Transport Systems (ITS).

Ketiga laboratorium universitas di Jepang adalah Laboratorium Prof. Tyusoshi Usagawa (Kumamoto University), Laboratorium Asc. Prof Tohru Kondo (Hiroshima University), dan Laboratorium Prof. Takafumi Aoki (Tohoku University).(ANTARA)

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: