Ika Putri Siap Wakili Indonesia di Asean and Culture Festival 2010

Laporan wartawan Persda Network Yoni Iskandar
Selasa, 16 Maret 2010 | 13:51 WIB

Ika Putri

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyanyi muda, cantik dan berbakat Ika Putri siap mengharumkan nama Indonesia kembali di ajang Asean Song and Culture Festival 2010.

Sebelum bisa tampil diajang bergengsi tersebut, gadis kelahiran 15 Maret 1986 yang baru merayakan ulang tahunnya ke 24 itu harus bersaing dengan jawara Indonesia Idol, Joy Tobing, di Indonesian Song Festival 2010.

Ika dan Joy Tobing beserta 12 peserta lain akan bersaing di Indonesian Song Festival yang diselenggarakan di Ballroom Jakarta Theater pada hari Kamis besok (18/3/2010).

Ika Putri yang pernah meraih juara II dalam festival musik Shanghai Asia Music Festival 2001. Pemilik nama lengkap Ika Putri Widyaningtyas tersebut tak memungkiri, saat ini dirinya harus berjuang keras untuk bisa bersaing dengan penyanyi pop lain di Indonesia bahkan di ajang Indonesian Song festival nanti.

Meski demikian, penyanyi yang sudah merilis empat album tersebut -Ika Putri (2001), Terlahir (2004), Repackage Terlahir, dan Ika Putri (2008)- tak patah semangat. “Aku memang belum tahu banyak tentang festival ini. Tapi ketika ditawari untuk ikutan dan diharapkan menjadi wakil Indonesia, ini sebuah kebanggan tersendiri,” ujar Ika saat ditemui di studio rekaman kawasan Blok M, Selasa (16/3/2010).

Dalam ajang Indonesian Song Festival tersebut pelantun Mr Judge akan menyanyikan lagu berjudul ‘Tak’ karya Angga Widodo. Lagu bergenre pop ini memang pas dengan vokal yang dimiliki Ika Putri.

Bagi Ika lagu yang masuk 12 besar dari 4 ribu lebih yang masuk meja dewan juri menjadi tantangan tersendiri baginya. Pasalnya, bukan sekadar menyanyi, tapi lagu tersebut harus bisa menjadi hits, dan akhirnya menjadi yang terbaik pada festival tersebut.

“Pastinya saya harus bekerja lebih keras lagi terutama dalam hal latihan olah vokal serta harus menghafal dengan cepat lagu tersebut. Mudah-mudahan saya bisa menjadi yang terbaik,” harapnya sambil tersenyum.

Ika tidak berharap muluk-muluk di ajang ini, yang terpenting baginya tampil prima dan maksimal. “Lagunya sudah cocok, saya juga berlatih hampir tiap hari tiga jam, pokoknya tinggal akunya saja nanti. Mudah-mudahan bisa tampil maksimal,” ujarnya sambil tersenyum.

Ika menambahkan sekarang ini, masyarakat cenderung menggemari musik yang mudah didengar dengan syair yang mudah diingat, jadi gampang dinyanyikan atau mudah dicerna. “Memang, zamannya sedang seperti itu. Mungkin nanti, musik-musik ‘berat’ misalnya yang menang dari ajang festival bisa dinikmati masyarakat,” imbuhnya.

Bersiang di industri musik bukan hal yang gampang, menurut dia persaingan di dunia musik berat. Tak hanya harus bersaing dengan pendatang baru, masalah pembajakan juga masih menghantui industri kita.

“Aku sendiri tidak terlalu menggantungkan diri pada penjualan kaset atau CD. Jalan rezeki masih banyak. Misalnya, show TV atau acara off air. Jualan ntar aja, yang penting bisa mengapresiasikan musik kami ke publik. Belakangan, aku malah bawa kaset atau CD ke lokasi manggung. Sekalian nyanyi, promo, dan jualan album,” ujarnya.

Indonesian Song Sestival 2010, merupakan kontes pencipta lagu berbakat dan penyanyi profesional. Penyanyi yang terpilih di Indonesian Song Festival otomastis akan tampil di Asean and Culture Festival pada blan Juli 2010 nanti.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: