Perbanyak Kegiatan Karapan Sapi

Joki mengendalikan sepasang sapi menuju garis finis dalam kejuaraan Karapan Sapi Se-Madura, memperebutkan Piala Presiden, Minggu (25/10), di Stadion Raden Sunarto Hadi Wijoyo, Pamekasan, Jawa Timur. Karapan sapi Piala Presiden ini telah berlangsung sembilan kali, sejak tahun 2000

SUMENEP, – Pemkab Sumenep, Madura akan memperbanyak kegiatan karapan sapi. Karapan sapi adalah salah satu ikon wisata di Sumenep dan Pulau Madura pada umumnya. “Selama ini, setiap kali ada wisatawan asing maupun luar Madura, biasanya ingin menonton karapan sapi,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Sumenep, M. Nasir, di Sumenep, Senin (21/2/2011). Selama ini karapan sapi yang digelar hanya dua kali dalam setahun.

“Untuk tahun ini, kami akan memperbanyak kegiatan karapan sapi sebagai bagian dari upaya menyukseskan tahun kunjungan wisata Jawa Timur. Kami berencana menggelar sedikitnya empat kali dalam setahun atau setiap tiga bulan,” sambungnya.

Nasir mengungkapkan bahwa rencana karapan sapi setiap tiga bulan itu tidak akan membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumenep tahun 2011.

“Realisasi rencana tersebut akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Kami tidak mungkin menggelar karapan sapi sebanyak empat kali dalam setahun dengan menggunakan dana dari APBD,” ujarnya.

Nasir mengatakan sejak beberapa waktu lalu, pihaknya telah melakukan komunikasi secara intensif dengan sejumlah pimpinan biro perjalanan wisata guna menawarkan kerja sama pelaksanaan karapan sapi tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk menunjang program 2011 sebagai tahun kunjungan wisata Jawa Timur.

 

KOMPAS.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: