Juara Dunia, Aplikasi Buatan Indonesia Raih Rp 600 Juta

Aplikasi Baby Write Number, merupakan aplikasi yang membantu anak usia pra sekolah untuk mengenal dan menuliskan angka.

Dua developer (pengembang aplikasi) dari Indonesia memenangkan kontes “Create for Millions” yang diadakan oleh Nokia. Berita gembira untuk Indonesia ini diumumkan oleh Nokia bersamaan dengan ajang teknologi Mobile World Congress 2012 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol.

Adalah Mico Wendy dengan aplikasi Baby Write Number yang menjadi pemenang utama untuk kategori “Access to Knowledge” dan Kemas Dimas Ramanditya dengan aplikasi TransJakarta S40 yang menjadi pemenang ketiga untuk kategori “In The Know”.

Kontes pembuatan aplikasi untuk ponsel Nokia berbasis S40 ini sebelumnya telah digelar dalam skala nasional dan terpilih tiga perwakilan Indonesia untuk bertarung di tingkat internasional. Dua aplikasi di antaranya memenangkan kontes ini.

Aplikasi Baby Write Number merupakan aplikasi yang membantu orang tua mengajarkan anak-anak usia pra-sekolah untuk mengenal dan menuliskan angka.

Sedangkan aplikasi TransJakarta S40 adalah aplikasi yang membantu pengguna bus transjakarta untuk mengetahui jadwal bus dan kondisi halte-halte bus transjakarta di Jakarta.

“Kontes ini membantu strategi Nokia untuk mengidentifikasi konten yang relevan di skala lokal, yang bisa berjalan di platform Java dan Web Apps Nokia Series 40,” ungkap Nokia dalam posting-an blognya.

Dua pemenang dari Indonesia ini diundang Nokia untuk menghadiri acara penyerahan penghargaan dalam acara Nokia Developer Day di Mobile World Congress (MWC) Barcelona, Spanyol, Senin (27/2/2012).

Para pemenang utama di masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah uang 50.000 euro (sekitar Rp 615 juta) dan mendapat kesempatan promosi secara global di jaringan Nokia.

Indonesia cukup banyak mengirimkan aplikasi dalam kompetisi “Create for Millions” ini, yakni 149 aplikasi. Jumlah ini menempatkan Indonesia menjadi urutan kedua terbanyak setelah India.

Dari 149 aplikasi, terpilih tiga aplikasi untuk maju ke tingkat internasional. Sayangnya, aplikasi Urban Fatburner Macho! (untuk kategori Fun and Games), yang dibuat oleh Agate Studio, dikalahkan oleh developer dari negara lain.

 

Sumber : KOMPAS.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: