Saat Kejebak Macet Parah, Senyum Saja Biar Bebas Penyakit

Image

Washington: Kemacetan lalu lintas di Jakarta membuat orang benci beraktivitas di pagi hari. Jika Senin tiba, siap-siap dibuat spaneng. Begitu pula ketika long weekend, sejumlah jalan menuju kota wisata dipenuhi kendaraan. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan tersenyum biar bebas penyakit.

Demikian informasi yang dikutip dari MensHealth, Jumat (16/11/2012).

Jangan biarkan diri Anda terlarut dalam stres yang disebabkan kemacetan sehari-hari. Pasalnya, stres bisa meningkatkan risiko penyakit kronis seperti jantung lebih dari 40 persen. Namun, peneliti dari University of Kansas menemukan, berpura-pura senyum bisa menurunkan detak jantung dan mengurangi respons stres. Dengan senyum, otot-otot wajah tertentu mengirimkan pesan ke otak agar tenang.

Selain itu, jangan biarkan kondisi kantor membuat Anda tidak bersemangat. Makan siang di luar dan beristirahat melihat alam bisa menghilangkan stres. Menurut para peneliti di University of Edinburgh, ruang hijau dapat mengurangi tingkat stres Anda. Catharine Ward Thompson mengatakan, kondisi ini membantu orang sembuh dari pengalaman yang sulit dan mengatasi stres lebih baik.

Untuk mengetahui tingkat stres, para peneliti selama delapan hari merekam penyebab stres pada 435 orang. Seperti kemacetan lalu lintas dan deadline dadakan. Dan rata-rata, tingkat stres pada pagi hari pada skala 1 hingga 4.

Sepuluh tahun kemudian, para peneliti menemukan, orang stres dan tidak mampu menenangkan diri dengan tidur, lebih dari 10 persennya cenderung mengalami kondisi kesehatan kronis. Peneliti percaya, jika Anda tidak bisa bersantai, tubuh akan melepaskan hormon stres kortisol, dan protein inflamasi, yang menganggu sistem.(MEL)

 

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: