Deli Serdang Lestarikan Tari Serampang XII

Pemerintah Kabupaten Deli Serdang terus berupaya melestarikan berbagai kebudayaan daerah, salah satunya dengan menggelar festival tari melayu Tari Serampang XII untuk kelompok muda-mudi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Deli Serdang Rahmat Nasution di Lubuk Pakam Selasa mengatakan pelaksanaan  festival tari Melayu tersebut sebagai salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah itu dalam melestarikan seni budaya.

Apalagi memang Tari Serampang XII merupakan karya Sauti, yang merupakan karya asli putra daerah Deli Serdang yang sudah diakui di tingkat nasional maupun mancanegara.

Untuk itu pihaknya akan mengupayakan dan mendaftarkan Tari Serampang XII tersebut sebagai warisan  budaya kategori  tidak benda kepada UNESCO.

“Hal ini dikarenakan pada akhir-akhir ini terjadi klaim negara lain terhadap beberapa budaya bangsa kita, makanya  festival ini tetap digelar dan dievaluasi agar sampai ke tingkat kualitas yang terbaik,” katanya saat membuka festival tari melayu “Serampang  XII ” muda mudi berkelompok.

Ia mengatakan, upaya yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Deli Serdang tersebut sejalan dengan  Gerakan  Deli Serdang Membangun (GDSM) yang dicanangkan  Bupati Amri Tambunan dengan  bersinerginya tiga pilar kekuatan yaitu  pemerintah, pegusaha  dan partisipasi masyarakat.

“GDSM untuk membangun di semua sektor, termasuk membangun seni dan budaya, seperti yang di gelar ini  merupakan kerjasama  berbagai pihak yang peduli dengan kelestarian budaya,” katanya.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: